Pendahuluan
LATAR BELAKANG
Pada
saat ini banyak orang yang ingin membuat usaha demi tercapainya kehidupan yang
sejahtra,baik dari segi ekonomi ataupun sosial,contohnya dalam hal penyediaan
busana kabaya yang biasanya digunakan oleh kaum wanita dalam acara hari besar ataupun
pesta ataupun acara resmi dalam keluarga,biasanya mereka(wanita)sangat
memperhatikan penampilan terutama dalam berpakaian.Hal ini sangatlah menjadi
peluang membuka usaha bagi mereka yang memiliki keterampilan menjahit.Maka
membuka usaha menjahit kebaya adalah merupakan terobosan untuk menyediakan
produk wanita dalam hal penampilan yang menjadi daya tarik dan diminati bagi
mereka yang menyukai busana kebaya.
Bukan
hanya model dari tukang jahitnya,tetapi mereka(wanita) juga bisa membawa model
sendiri untuk dijahit dan bebas membawa jenis bahan apapun yang sesuai dengan
keinginannya.Hal ini sangat mendukung peluang kelancaran usaha demi kepuasan
pelanggan maupun keuntungan financial bagi penjahit.
Meski sekarang sudah banyak produksi pakaian jadi, tetapi
jasa jahitan tetap dibutuhkan konsumen. Mengapa demikian? Karena ada beberapa
risiko pembelian baju jadi yang biasanya diterima oleh pembeli, antara lain:
Pakaian jadi biasanya dibuat dengan ukuran standar (S, M, L,
dan XL). Meski model dan bahannya cukup bervariasi dan harganya pun lebih murah
dibandingkan memakai jasa penjahit, tetapi tidak semua pakaian jadi pas
dikenakan oleh konsumen. Terutama bagi orang-orang memiliki postur tubuh
berbeda dengan standar orang pada umumnya, seperti terlalu kecil atau terlalu
gemuk. Jasa jahitan akan tetap diburu oleh orang seperti ini.
Ada model dan bahan baju tertentu yang lebih enak kalau
dipakai dari hasil jahitan biasa, daripada dalam bentuk pakaian jadi yang
diproduksi pabrik. Misalnya pakaian adat, bahan brukat, kain tenun, dan
lain-lain.
Perkembangan
jaman yang menjadi gaya hidup setiap individu menjadi latar belakang kami untuk
melakukan analisis mengenai Aspek aspek akuntansi di RIA KEBAYA TAILOR
PEMBAHASAN
Perkembangan
bisnis online yang sangat pesat di Tanah Air, terutama untuk tawaran on line di
bidang usaha online shop melecutkan bisnis lainnya.
Adalah
jasa menjahit busana kebaya yang ikut merasakan dampak manis dari perkembangan
bisnis waralaba ini. Maraknya bisnis online yang memberikan kemudahan bagi para
peminatnya dalam hal design yg dinginkan, Selain menerima pesanan dari dari
kalangan masyarakat yang sederhana hingga kekalangan atas.
Dalam
pembahasan ini yang menjadi poin utama yang kami teliti yaitu
1.Aspek Modal
2.Aspek Manajemen
3.Aspek Pemasaran
4.Aspek Operasional
5.Aspek Keuangan
6.Aspek Hukum
2.1
Aspek Modal
Penelitian
yang kami lakukan berada di km.18 atas nama RIA KEBAYA TAILOR yang bergerak
dibidang menjahit khususnya busana kebaya.Modal yang digunakan dalam membuka
usaha ini yaitu berasal dari modal sendiri sehingga tidak menjadi beban ataupun
hutang bagi pihak lain.Sebagai modal awal penjahit
ü 4
mesin jahit dengan harga
Rp 6.300.000
ü 3
lusin benang dengan harga Rp 39.000
ü 2
lusin aksesoris dengan harga
Rp 48.000
ü 5
bungkus kancing dengan harga Rp 175.000
ü 2
bungkus jarum dengan harga Rp
10.000
ü 10
meter puring baju dengan harga
Rp.200.000
ü 1 botol minyak guli guli mesin Rp 50.000
Jadi Total modal
awal Rp
6.822.000
Beberapa harga di atas diambil untuk harga produk termurah.
Seperti mesin jahit, itu diambil harga yang paling murah (merek Butterfly).
Memakai mesin jahit ini risikonya capek, berbeda dengan mesin jahit listrik.
Namun, bisa disiasati dengan menambah dinamo, jadi tenaga kaki tidak sepenuhnya
dikeluarkan, tetapi dibantu dinamo. Variasi harganya (bergantung merek dan
fasilitas), misalnya mesin jahit listrik, bisa mencapai tiga juta rupiah,
bahkan ada yang sampai Rp 6-7 juta.
2.2 Aspek
Manajemen
Bisnis ini adalah milik sendiri dengan modal sendiri, adapun
tenaga kerja yang di gunakan hanya 2 orang yang merupakan warga disekitarnya
yang juga mempunyai kreatifitas dalam menggunakan mesin jahit. Teknis
pengerjaan di lakukan bersama,dan system pembayaran tenaga kerjanya sebasar Rp
1.700.000/orang
2.3 Aspek Pemasaran
Dalam bisnis ini sengaja kami bahas dulu pemasaran
produknya, karena hal utama pemasaran bisnis ini adalah pesanan pelanggan. Oleh
karena itu pemasarannya adalah langkah awal yang akan memengaruhi proses penjaitan
dan perencanaan keuangannya.Pemasaran bisnis ini dilakukan dengan face to face
dan tidak memiliki konsep khusus untuk promosi
2.3.1
Target pemasaran
Dalam usaha ini yang menjadi target pemasarannya ialah kaum
wanita.dalam hal ini yang menjadi target utama yaitu kepuasan
konsumen/pelanggan yang selanjutnya mempengaruhi proses kelangsungan usaha dan
analisis keuangannya.Selain menjahit, penjahit juga memperhatikan jenis
aksesoris yang digunakan dalam pembuatan baju untuk daya tarik dan nilai tambah
dalam baju tersebut,sehingga memberikan kepuasan bagi konsumen untuk datang
lagi menjahit baju ke sana.
2.3.2
Produk dan Penetapan Harga
Produk yang dihasilkan adalah baju kebaya dengan design
sesuai permintaan pelanggan ataupun yang sudah disedikan oleh penjahit.
Adapun daftar harga yang di tarifkan adalah sebagai berikut:
Kebaya satu stel dengan design yang rumit
seharga Rp 400.000
Kebaya satu stel dengan design sederhana seharga
RP 250.000
Satu baju kebaya tanpa bawahan dengan design
rumit Rp 350.000
Satu baju kebaya tanpa bawahan dengan design
sederhana Rp 150.000
2.4
Aspek Operasional
Seperti yang dijelaskan
di atas usaha ini melakukan menjahit
baju kebaya untuk keperluan wanita dalam hal memenuhi kebutuhan fashion.Adapun
teknik pembuatannya ketika pelanggan membutuhkan jasa menjahit dalam jangka
waktu yang disepakati oleh pelanggan dan penjahit.
Adapun langkah langkah
yang dilakukan untuk menjahit baju kebaya tersebut adalah
a. Menentukan
design yang dininginkan consumen
b. Menentukan
ukuran body consumen
c. Mengukur
memotong bahan sesuai dengan ukuran body comcumen
d. Memilih
aksesoris yang sesuai dengan bahan yang dibawa oleh consumen
e. Melakukan
penjahitan
2.5 Aspek Keuangan
Modal yang digunakan penjahit 100% milik sendiri dan
modal utama usaha ini sebesar Rp 6.772.000 yang dialokasikan ke: 4 buah mesin
dengan harga Rp 6.300.000,3 lusin benang dengan harga Rp 39.000, 2 lusin
aksesoris dengan harga Rp 48.000, 5 bungkus kancing dengan harga Rp 175.000, 2
bungkus jarum Rp 10.000 dan 10 Meter puring baju Rp 200.000
Dengan perincian diatas kita dapat menghitung perkiraan pendapatan usaha ini dalam jangka waktu 1 bulan, sengaja kami hitung dalam jang waktu 1 bulan karena dengan modal yang kecil dan dengan sasaran yangbesar, akan lebih jelas tergambarkan pendapatan dalam jangka waktu 1 bulan.
Berikut adalah perkiraan proyeksi hasil usaha dalam 1 bulan
:
Jurnal umum
Jurnal
|
Debit
|
Kredit
|
Kas
Modal
|
6.772.000
|
6.772.000
|
Peralatan
kas
|
6.300.000
|
6.300.000
|
Perlengkapan
kas
|
472.000
|
472.000
|
Beban gaji
kas
|
3.400.000
|
3.400.000
|
Beban listrik
kas
|
150.000
|
150.000
|
Beban reparasi
kas
|
50.000
|
50.000
|
Perkiraan pendapatan penjahit dalam kurun waktu 1
bulan:
1. Kebaya
design rumit (11 x 400.000) Rp
4.400.000
2. Kebaya
design sederhana (14 x 250.000) Rp
3.500.000
3. Baju
design rumit (5 x 350.000) Rp
1.750.000
4. Baju design sederhana (4 x 150.000) Rp 600.000
Jumlah pendapatan minimal 1 bulan Rp 10.250.000